SEKILAS INFO
: - Selasa, 13-04-2021
  • 1 bulan yang lalu / *Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa/i Baru STAI Brebes TA 2021/2022 telah dibuka* *Gelombang Ke I* Pendaftaran : 1 Maret – 30 Mei 2021. *Gelombang Ke II* Pendaftaran : 2 Juni – 31 Juli 2021. link Pendaftaran : http://siakad.staibrebes.ac.id/index.php/pendaftaran_pmb Informasi Wa. 085786509227
Memaknai Tahun Baru

Memaknai Tahun Baru
Oleh: Didi Junaedi

“Barang siapa yang hari ini lebih baik dari kemarin, dia termasuk orang yang beruntung. Barang siapa hari ini sama dengan kemarin, dia termasuk orang yang merugi. Dan barang siapa yang hari ini lebih buruk dari kemarin, dia termasuk orang yang celaka.” (HR. Hakim)

Alhamdulillah, pagi ini kita sudah berada di tahun baru 2020. Karunia nikmat yang sangat besar ini hendaknya kita syukuri dengan melakukan refleksi, koreksi serta introspeksi diri atas segala apa yang telah kita kerjakan pada tahun yang lalu. Apakah nilai-nilai kebaikan yang kita lakukan lebih banyak dari catatan kejahatan kita? Ataukah justru sebaliknya, nilai-nilai kejahatan kita jauh melebihi catatan kebaikan yang kita kerjakan?

Pertanyaan inilah yang seharusnya muncul di benak kita begitu kita memasuki tahun baru. Memulai langkah baru di tahun baru ini dengan muhasabah, perhitungan atas segala kebaikan dan keburukan kita di masa lalu, insya Allah akan menjadikan kita manusia-manusia yang arif, yang sadar akan eksistensi kita sebagai makhluk Allah di muka bumi ini. Tahun baru merupakan starting point, titik tolak bagi peningkatan kualitas individu maupun masyarakat, sebuah momentum untuk meningkatkan amal shaleh kita, sehingga kehidupan kita akan jauh lebih bermakna, baik bagi diri kita sendiri,maupun bagi orang lain di sekitar kita.

Pada umumnya, kita sering melupakan berbagai macam nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Kita terlena dan terbuai oleh nafsu kita. Kita sering mengabaikan rasa syukur kepada Dzat yang telah memberi nikmat kepada kita, yakni Allah Swt.

Padahal, kalau kita sadari, berbagai nikmat Allah itu bisa saja hilang dalam sekejap meninggalkan kehidupan kita. Kematian bisa saja datang menjemput di saat kita sedang menikmati puncak kesuksesan. Tubuh kita yang segar bugar bisa mendadak sakit. Wajah kita yang tampan dan cantik bisa mendadak rusak karena kecelakaan, misalnya, dan masih banyak lagi kemungkinan terburuk yang tidak pernah kita sangka sebelumnya.

Maka tepatlah jika Rasulullah Saw berpesan kepada kita untuk mengingat lima hal, sebelum datang lima yang lainnya. Rasulullah Saw bersabda: “Ingatlah lima perkara, sebelum datang lima perkara. Hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, masa mudamu sebelum masa tuamu, dan sempatmu sebelum sempitmu.”

Dari keterangan hadis di atas, jelaslah bahwa Rasulullah saw sangat menekankan pentingnya manajemen waktu. Satu desah nafas kita saat menjalani waktu demi waktu, merupakan langkah menuju kubur. Alangkah ruginya kita di saat menjalani sesuatu yang berharga kemudian kita sia-siakan. Orang yang bodoh adalah jika diberikan modal, maka modalnya dihamburkan dengan sia-sia. Begitu juga kita, jika sudah diberi modal waktu, kemudian waktunya kita hambur-hamburkan maka kita termasuk orang yang bodoh.

Tahun baru adalah lembaran baru kehidupan kita. Seperti halnya lembaran kertas yang masih bersih. Terserah kepada kita, apakah kita akan mengisinya dengan catatan hitam ataukah mengukirnya dengan tinta emas, semua tergantung pada diri kita sendiri. Rasulullah menegaskan, “Sebaik-baik manusia adalah orang yang diberi umur panjang dan baik amalnya, dan sejelek-jelek manusia adalah orang yang diberi umur panjang dan jelek amalanya.” (HR. Ahmad)

Untuk itu, marilah pada kesempatan tahun baru ini, kita langkahkan kaki kita untuk menapaki kehidupan baru yang penuh dengan nilai-nilai kebaikan. Sebisa mungkin kita hindari segala bentuk kejahatan yang justru akan menyengsarakan diri kita sendiri maupun orang lain. Semoga tahun baru ini membawa kita pada kehidupan yang lebih baik dan lebih bermakna. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

  • Ruang Inspirasi, Rabu, 1 Januari 2020.

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Kampus

STAI Brebes, Jawa Tengah | Kampus Pilihan Terbaik

NSPTKI : -

JL. Yos Sudarso No.26, Ps. Batang
KEC. Brebes
KAB. Brebes
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 52211
TELEPON (0283) 3330815
FAX (0283) 3330815
EMAIL stai.brebes2@gmail.com

Maps Kampus