SEKILAS INFO
: - Selasa, 28-06-2022
  • 4 bulan yang lalu / Telah dibuka Pendaftaran Mahasiswa/i Baru STAI Brebes TA 2022/2023 *Gelombang Ke I Pendaftaran : 2 Februari – 30 April 2022. *Gelombang Ke II Pendaftaran : 4 Mei – 31 Juli 2022. link Pendaftaran : http://siakad.staibrebes.ac.id/index.php/pendaftaran_pmb Informasi Wa. 085786509227

S1 Pendidikan Agama Islam

I. VISI MISI DAN TUJUAN

VISI

Mencetak Pendidik/ Guru PAI yang profesional, berpengetahuan luas dan berakhlak

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dibidang Pendidikan Agama Islam yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan professional daya saing
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat
  3. Berpartisipasi aktif dalam pembangunan masyarakat melalui kegiatan pengabdian di bidang Pendidikan yang didasari nilai-nilai Islam dan budaya luhur bangsa.
  4. Menyelenggarakan tata kelola fakultas berbasis good governance

TUJUAN

  1. Terciptanya suasana akademik Islami yang mendorong seluruh sivitas untuk mengembangkan kemampuan diri secara optimal.
  2. Dihasilkannya lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, Keluasan ilmu, dan kematangan profesional.
  3. Terciptanya wahana pengembangan ilmu pengetahuan yang berdayaguna dan berhasil guna bagi masyarakat.
  4. Terwujudnya diseminasi keilmuan yang menunjang pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan Keluasan ilmu, dan kematangan profesional.
  5. Terciptanya wahana pengembangan ilmu pengetahuan yang berdayaguna dan berhasil guna bagi masyarakat.
  6. Terwujudnya diseminasi keilmuan yang menunjang pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan

II. Profil Lulusan

Profil Lulusan Program Studi

Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Agam Islam (PAI) adalah sebagai Pendidik Agama Islam yang Berkompeten, Enterpreneur di bidang pendidikan yang produktif, inspiratif, dan kompetitif, Asisten peneliti Pendidikan dan Desainer Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

NoProfil LulusanDeskripsi Profil Lulusan
1Pendidik Agama Islam yang berkompetenMenjadi pendidik agama Islam pada lembaga pendidikan formal maupun non formal yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial yang memadai.
2Enterpreneur di bidang pendidikan yang produktif, inspiratif, dan kompetitifMenjadi entrepreneur yang produktif, inspiratif, dan kompetitif untuk menghasilkan dan mengembangkan karya di bidang pendidikan.
3Peneliti di bidang Pendidikan Agama Islam yang berkompeten dan inovatifMenjadi peneliti yang mampu menerapkan teori-teori sosial, keagamaan, dan pendidikan untuk melakukan kajian, analisis, evaluasi, dan kreasi dalam bidang Pendidikan Agama Islam
4Desainer Pembelajaran Pendidikan Agama IslamSarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Pendidikan Agama Islam pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

Rumusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

Deskripsi Umum

Deskripsi Umum Terkait dengan Karakter dan Kepribadian Manusia Indonesia
Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya;Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya;Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan original orang lain;Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana dalam KKNI

No.Deskripsi GenerikDeskripsi Spesifik
1Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi  Mampu menerapkan ilmu hukum terhadap masalah hukum publik dan hukum privat yang terjadi dan berkembang dalam kehidupan masyarakat, secara bermutu dan bertanggung jawab;Mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk pengembangan dan penerapan hukum ekonomi syariah dalam kehidupan ekonomi masyarakat dan negara serta kehidupan ekonomi dunia internasional; Mampu menggunakan konsep-konsep dan teori hukum ekonomi syariah tata kehidupan ekonomi masyarakat, negara dan kehidupan ekonomi internasional; Mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja dalam menyelesaikan masalah hukum ekonomi syariah di pengadilan agama;Memecahkan permasalahan hukum ekonomi syari’ah dalam konteks social yang dinamis.
2Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural  Menguasai pengetahuan hukum publik dan hukum privat agar mampu menerapkannya hukum positif dan hukum Islam secara tepat dan proporsional dalam negara hukum Indonesia;Menguasai konsep-konsep teoretis bidang hukum ekonomi syariah secara umum dan teori-teori hukum Islam dan hukum positif dalam menyelesaikan kasus hukum ekonomi syariah;Menguasai secara mendalam konsep teoritis bagian khusus bidang kajian hukum ekonomi syariah;Mampu mencari formula-formula dalam menyelesaikan masalah hukum ekonomi syariah di pengadilan agama;Mampu memberikan alternatif solusi masalah hukum secara prosedural dan berdasarkan asas dan prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah yang, sesuai dengan lingkup pekerjaan atau profesinya.
3Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu  memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan data dan informasi untuk memberikan alternatif dalam menyelesaikan masalah hukum Islam dan hukum ekonomi syari’ah sesuai lingkup pekerjaan atau profesinya, menurut prinsip-prinsip hukum yang berkeadilan;Mampu melakukan penelitian di bidang hukum untuk menjawab permasalahan di masyarakat, Merencanakan dan merespon berbagai isu terkait dengan hukum Islam dan hukum ekonomi syari’ah yang berada di bawah tanggung jawabnya;Mampu mengidentifikasi dan menunjukkan hubungan antara fenomena keberagamaan dan fenomena ekonomi serta menganalisis berdasarkan pendekatan hukum ekonomi syari’ah;Mampu menganalisis berbagai dinamika ekonomi di Indonesia dan dunia internasional melalui pendekatan hukum ekonomi syari’ah dalam upaya mengatasi permasalahan ekonomi.
4Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasiMampu menggunakan metode yang sesuai untuk mempersiapkan rancangan dokumen hukum dengan menjunjung tinggi etika profesi hukum;Mampu bekerja dalam tim, memimpin dan bergaul dalam masyarakat;Bersikap kritis dan objektif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan hukum ekonomi syariah dalam masyarakat;Memegang amanah sebagai praktisi hukum ekonomi syariah secara profesioanal dengan menjunjung tinggi nilai-niali keadilan, kebenaran, dan kemanusiaan;Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja baik secara individual, berkelompok maupun institusional terkait dengan bidang hukum ekonomi syari’ah;Mampu bekerjasama secara konstruktif dan kolaboratif dalam pencapaian hasil kerja organisasi dan menghargai hasil kerjasama tersebut.

Capaian Pembelajaran Program Studi

Bidang Sikap dan Tata Nilai

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai
Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada bangsa dan negara;Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;Menunjukkan sikap dan prilaku taat hukum serta disiplin dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara;Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan di sekolah/madrasah, di masyarakat dan di negara;Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri;Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan di tempat tugas dan di masyarakat;Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman dalam kehidupan di sekolah/madrasah, di masyarakat dan di negara;Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya;Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat; Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas;Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK);Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK);

Bidang Pengetahuan

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan
Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki pengetahuan sebagai berikut: Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Kurikulum PAI STAI BrebesIndonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alaminMenguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.Menguasai berbagai konsep teoritis dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasahMenguasai teori penelitian bidang Pendidikan Agama Islam dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran PAI di sekolah/madrasah;Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual untuk keperluan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan alqur’an-hadits sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan akidah-akhlak sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan sejarah kebudayaan Islam sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan ushul fikih-fikih sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;Menguasai teori pengembangan kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kreatif dan inovatif;

Bidang Keterampilan

Bidang Keterampilan Umum

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum
Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki Keterampilan Umum sebagai berikut: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannyaMampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur sebagai pendidik, peneliti dan pengembang bahan ajar PAIMampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu   pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnyaMampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiriMampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasiMenunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan Kurikulum PAI STAI Brebes dan pelaksanaan tugas di dunia kerja:Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwidMampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik

Bidang Keterampilan Khusus

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus
Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki Keterampilan Khusus sebagai berikut: Mampu menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum;Mampu mengembangkan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah/madrasah secara baik dan tepat;Mampu mengembangkan media , alat dan bahan ajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam;Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, kreatif dan inovatif pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat;Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah, di komunitas akademik maupun dan di masyarakatMampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran;Mampu melaksanakan tindakan reflektif berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar;Mampu menghafal 100 ayat-ayat al-Qur’an tentang Pendidikan Mampu menghafal 100 hadis – hadis pendidikan dan hadis arbaiyn (optional)

III. Struktur Kurikulum di Jurusan Tarbiyah

Mata Kuliah Penciri Nasional dan Penciri Institusi

Mata Kuliah Penciri Nasional dan Penciri Institusi berdasarkan pada Surat Keputusan Ketua STAI Brebes, Nomor: …………………, Tanggal: …………………, sebagai berikut:

NoKODE MATA KULIAHNAMA MATA KULIAHSKS
1NAS001Pancasila2
2NAS002Bahasa lndonesia2
3NAS003Pendidikan Kewarganegaraan2
4STA001Ulumul Qur’an2
5STA002Ulumul Hadits2
6STA003Metodologi Studi lslam2
7STA004Bahasa Arab 12
8STA005Bahasa Arab 22
9STA006Bahasa Inggris 12
10STA007Bahasa Inggris 22
11STA008Brebes Studies2
12STA009Sejarah Peradaban Islam2
13STA010Al-Qur’an2
14STA011Ilmu Kalam2
15STA012Ilmu Tasawuf2
16STA013Teknologi Informasi dan Komunikasi2
17STA014Kajian Islam Nusantara2
18STA015Qiroatul Kutub2
19STA016Bahtsul Kutub2
20STA017Enterprenership0
21STA018KKN2

Mata Kuliah Penciri Fakultas

Mata Kuliah Penciri Fakultas di Jurusan Tarbiyah berdasarkan pada Surat Keputusan Dekan FITK …………………………., Tanggal: 07 Agustus 2020, sebagai berikut:

NoKODE MATA KULIAHNAMA MATA KULIAHSKS
1TAR2001Pengantar Psikologi2
2TAR2002Dasar-Dasar Pendidikan2
3TAR2003Psikologi Perkembangan2
4TAR2004Sosiologi Pendidikan2
5TAR2005Ushul Al Fiqh2
6TAR2006Filsafat Ilmu3
7TAR2007Tafsir Al-Qur’an2
8TAR2008Pengantar IBD dan Teknologi 
9TAR3009Tafsir Tarbawi 
10TAR3010Hadits Tarbawi 
11TAR3011Administrasi Pendidikan 
12TAR3012Ilmu Pendidikan Islam 
13TAR3013Media Pembelajaran 
14TAR3014Fiqh Ibadah 
15TAR3015Psikologi Belajar 
16TAR3016Filsafat Islam 
17TAR4017Model-Model Pembelajaran 
18TAR4018Etika Profesi Keguruan 
19TAR4019Perbandingan Madzhab 
20TAR4020Evaluasi Pembelajaran 
21TAR4021Fiqh Sosial 
22TAR5022Isu-Isu Kontemporer Dalam Pend. Islam 
23TAR6023Filsafat Pendidikan Islam 
24TAR6024Psikologi Kepribadian 
25TAR6025Psikologi Agama 
26TAR6026Sejarah Pendidikan Islam 
27TAR6027Telaah Kitab-Kitab Pendidikan 
28TAR6028Metode Penelitian Kualitatif 
29TAR6029Metode Penelitian Kuantitatif 
30TAR7030Pemikiran Modern Dalam Islam 
31TAR2009Jurnalistik Pendidikan 

Distribusi Mata Kuliah Jurusan/Program Studi Pendidikan Agama Islam

SEMESTER I 
NOKODEMATA KULIAHSKS 
1STA004Bahasa Arab 12 
2NAS002Bahasa Indonesia2 
3NAS001Pancasila2 
4NAS003Pendidikan Kewarganegaraan2 
5STA010Al-Qur’an0 
6STA001Ulumul Quran2 
7STA002Ulumul Hadits2 
8STA009Sejarah Peradaban Islam2 
9STA012Ilmu Tasawuf2 
10STA003Metodologi Studi Islam (MSI)2 
11STA011Ilmu Kalam2 
12STA013Teknologi Informasi dan Komunikasi0 
Jumlah SKS20Jumlah SKS
SEMESTER II
NOKODEMATA KULIAHSKS
1STA005Bahasa Arab 22
2TAR2001Pengantar Psikologi2
3TAR2002Dasar-Dasar Pendidikan2
4TAR2003Psikologi Perkembangan2
5TAR2004Sosiologi Pendidikan2
6TAR2005Ushul Al-Fiqh2
7TAR2006Filsafat Ilmu2
8STA014Jurnalistik Pendidikan2
9TAR2007Tafsir Al-Qur’an2
10TAR2008Pengantar IBD dan Teknologi2
11STA015Kajian Islam Nusantara2
Jumlah SKS22
SEMESTER III
NOKODEMATA KULIAHSKS
1STA006Bahasa Inggris 12
2TAR3010Hadits Tarbawi2
3TAR3009Tafsir Tarbawi2
4TAR3011Administrasi Pendidikan2
5TAR3012Ilmu Pendidikan Islam2
6TAR3013Media Pembelajaran2
7TAR3014Fiqh Ibadah2
8STA008Brebes Studies2
9TAR3015Psikologi Belajar2
10TAR3016Filsafat Islam2
11STA016Qiroatul Kutub2
Jumlah SKS22
SEMESTER IV
NOKODEMATA KULIAHSKS
1STA006Materi PAI Luar Sekolah2
2TAR4017Management PAI Luar Sekolah2
3TAR4018Filsafat Dasar PAI Luar Sekolah2
4PAI4001Filsafat Pendidikan Islam2
5PAI4002Psikologi Kepribadian2
6PAI4003Sejarah Pendidikan Islam2
7PAI4004Telaah Kitab-Kitab Pendidikan2
8PAI4005Metode Penelitian Kualitatif2
9TAR4021Metode Penelitian Kuantitatif2
10STA017Psikologi Pendidikan2
11STA018Statistik Pendidikan2
12Psikologi Agama2
Jumlah SKS20
SEMESTER V
NOKODEMATA KULIAHSKS
1PAI5006Bahasa Inggris II2
2PAI5007Model-Model Pembelajaran2
3PAI5008Etika Profesi Keguruan2
4PAI5009Metode Pembelajaran PAI2
5PAI5010Perencanaan Pembelajaran PAI2
6PAI5011Analisis Pengembangan Kurikulum PAI2
7PAI5012Penelitian Tindakan Kelas2
8PAI5013Teknologi Informasi PAI2
9PAI5014Fiqih Sosial2
10TAR7030Bahtsul Kutub0
11 Isu-Isu Kontemporer Dalam Pendidikan Islam2
12 Pemikiran Modern Dalama Islam2
Jumlah SKS22
SEMESTER VI
NOKODEMATA KULIAHSKS
1PAI6015Pengembangan Pemb. Fiqh di MTs & MA3
2PAI6016Pengembangan Pemb. Qur’an Hadits di MTs & MA3
3PAI6017Pengembangan Pemb. Akidah Akhlak di MTs & MA3
4TAR6023Pengembangan Pemb. SKI di MTs & MA3
5TAR6024Bimbingan & Konseling2
6PAI6018Total Quality Management2
7TAR6026Enterprenership2
8TAR6027Micro Teaching2
Jumlah SKS20
SEMESTER VII
NOKODEMATA KULIAHSKS
1PAI7030PPL2
2STA019KKN4
Jumlah SKS6

  SEMESTER VIII

NOKODEMATA KULIAHSKS
1STA60048Skripsi6
Jumlah SKS6

Brebes, Maret 2021

Ketua Jurusan Tarbiyah,

Dr. Musripah, MA

NIDN. 2106107501

Data Kampus

STAI Brebes, Jawa Tengah | Kampus Pilihan Terbaik

NSPTKI : -

JL. Yos Sudarso No.26, Ps. Batang
KEC. Brebes
KAB. Brebes
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 52211
TELEPON (0283) 3330815
FAX (0283) 3330815
EMAIL stai.brebes2@gmail.com

Maps Kampus