S1 Pendidikan Agama Islam
I. VISI MISI DAN TUJUAN
VISI
Mencetak Pendidik/ Guru PAI yang profesional, berpengetahuan luas dan berakhlak
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dibidang Pendidikan Agama Islam yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan professional daya saing
- Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat
- Berpartisipasi aktif dalam pembangunan masyarakat melalui kegiatan pengabdian di bidang Pendidikan yang didasari nilai-nilai Islam dan budaya luhur bangsa.
- Menyelenggarakan tata kelola fakultas berbasis good governance
TUJUAN
- Terciptanya suasana akademik Islami yang mendorong seluruh sivitas untuk mengembangkan kemampuan diri secara optimal.
- Dihasilkannya lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, Keluasan ilmu, dan kematangan profesional.
- Terciptanya wahana pengembangan ilmu pengetahuan yang berdayaguna dan berhasil guna bagi masyarakat.
- Terwujudnya diseminasi keilmuan yang menunjang pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan Keluasan ilmu, dan kematangan profesional.
- Terciptanya wahana pengembangan ilmu pengetahuan yang berdayaguna dan berhasil guna bagi masyarakat.
- Terwujudnya diseminasi keilmuan yang menunjang pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan
II. Profil Lulusan
Profil Lulusan Program Studi
Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Agam Islam (PAI) adalah sebagai Pendidik Agama Islam yang Berkompeten, Enterpreneur di bidang pendidikan yang produktif, inspiratif, dan kompetitif, Asisten peneliti Pendidikan dan Desainer Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
No | Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
1 | Pendidik Agama Islam yang berkompeten | Menjadi pendidik agama Islam pada lembaga pendidikan formal maupun non formal yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial yang memadai. |
2 | Enterpreneur di bidang pendidikan yang produktif, inspiratif, dan kompetitif | Menjadi entrepreneur yang produktif, inspiratif, dan kompetitif untuk menghasilkan dan mengembangkan karya di bidang pendidikan. |
3 | Peneliti di bidang Pendidikan Agama Islam yang berkompeten dan inovatif | Menjadi peneliti yang mampu menerapkan teori-teori sosial, keagamaan, dan pendidikan untuk melakukan kajian, analisis, evaluasi, dan kreasi dalam bidang Pendidikan Agama Islam |
4 | Desainer Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Pendidikan Agama Islam pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
Rumusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
Deskripsi Umum
Deskripsi Umum Terkait dengan Karakter dan Kepribadian Manusia Indonesia |
Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya;Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya;Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan original orang lain;Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas. |
Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana dalam KKNI
No. | Deskripsi Generik | Deskripsi Spesifik |
1 | Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi | Mampu menerapkan ilmu hukum terhadap masalah hukum publik dan hukum privat yang terjadi dan berkembang dalam kehidupan masyarakat, secara bermutu dan bertanggung jawab;Mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk pengembangan dan penerapan hukum ekonomi syariah dalam kehidupan ekonomi masyarakat dan negara serta kehidupan ekonomi dunia internasional; Mampu menggunakan konsep-konsep dan teori hukum ekonomi syariah tata kehidupan ekonomi masyarakat, negara dan kehidupan ekonomi internasional; Mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja dalam menyelesaikan masalah hukum ekonomi syariah di pengadilan agama;Memecahkan permasalahan hukum ekonomi syari’ah dalam konteks social yang dinamis. |
2 | Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural | Menguasai pengetahuan hukum publik dan hukum privat agar mampu menerapkannya hukum positif dan hukum Islam secara tepat dan proporsional dalam negara hukum Indonesia;Menguasai konsep-konsep teoretis bidang hukum ekonomi syariah secara umum dan teori-teori hukum Islam dan hukum positif dalam menyelesaikan kasus hukum ekonomi syariah;Menguasai secara mendalam konsep teoritis bagian khusus bidang kajian hukum ekonomi syariah;Mampu mencari formula-formula dalam menyelesaikan masalah hukum ekonomi syariah di pengadilan agama;Mampu memberikan alternatif solusi masalah hukum secara prosedural dan berdasarkan asas dan prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah yang, sesuai dengan lingkup pekerjaan atau profesinya. |
3 | Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. | Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan data dan informasi untuk memberikan alternatif dalam menyelesaikan masalah hukum Islam dan hukum ekonomi syari’ah sesuai lingkup pekerjaan atau profesinya, menurut prinsip-prinsip hukum yang berkeadilan;Mampu melakukan penelitian di bidang hukum untuk menjawab permasalahan di masyarakat, Merencanakan dan merespon berbagai isu terkait dengan hukum Islam dan hukum ekonomi syari’ah yang berada di bawah tanggung jawabnya;Mampu mengidentifikasi dan menunjukkan hubungan antara fenomena keberagamaan dan fenomena ekonomi serta menganalisis berdasarkan pendekatan hukum ekonomi syari’ah;Mampu menganalisis berbagai dinamika ekonomi di Indonesia dan dunia internasional melalui pendekatan hukum ekonomi syari’ah dalam upaya mengatasi permasalahan ekonomi. |
4 | Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi | Mampu menggunakan metode yang sesuai untuk mempersiapkan rancangan dokumen hukum dengan menjunjung tinggi etika profesi hukum;Mampu bekerja dalam tim, memimpin dan bergaul dalam masyarakat;Bersikap kritis dan objektif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan hukum ekonomi syariah dalam masyarakat;Memegang amanah sebagai praktisi hukum ekonomi syariah secara profesioanal dengan menjunjung tinggi nilai-niali keadilan, kebenaran, dan kemanusiaan;Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja baik secara individual, berkelompok maupun institusional terkait dengan bidang hukum ekonomi syari’ah;Mampu bekerjasama secara konstruktif dan kolaboratif dalam pencapaian hasil kerja organisasi dan menghargai hasil kerjasama tersebut. |
Capaian Pembelajaran Program Studi
Bidang Sikap dan Tata Nilai
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai |
Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada bangsa dan negara;Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;Menunjukkan sikap dan prilaku taat hukum serta disiplin dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara;Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan di sekolah/madrasah, di masyarakat dan di negara;Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri;Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan di tempat tugas dan di masyarakat;Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman dalam kehidupan di sekolah/madrasah, di masyarakat dan di negara;Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya;Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat; Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas;Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK);Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK); |
Bidang Pengetahuan
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan |
Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki pengetahuan sebagai berikut: Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Kurikulum PAI STAI BrebesIndonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alaminMenguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.Menguasai berbagai konsep teoritis dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasahMenguasai teori penelitian bidang Pendidikan Agama Islam dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran PAI di sekolah/madrasah;Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual untuk keperluan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan alqur’an-hadits sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan akidah-akhlak sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan sejarah kebudayaan Islam sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan ushul fikih-fikih sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;Menguasai teori pengembangan kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kreatif dan inovatif; |
Bidang Keterampilan
Bidang Keterampilan Umum
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum |
Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki Keterampilan Umum sebagai berikut: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannyaMampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur sebagai pendidik, peneliti dan pengembang bahan ajar PAIMampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnyaMampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiriMampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasiMenunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan Kurikulum PAI STAI Brebes dan pelaksanaan tugas di dunia kerja:Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwidMampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik |
Bidang Keterampilan Khusus
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus |
Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki Keterampilan Khusus sebagai berikut: Mampu menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum;Mampu mengembangkan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah/madrasah secara baik dan tepat;Mampu mengembangkan media , alat dan bahan ajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam;Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, kreatif dan inovatif pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat;Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah, di komunitas akademik maupun dan di masyarakatMampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran;Mampu melaksanakan tindakan reflektif berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar;Mampu menghafal 100 ayat-ayat al-Qur’an tentang Pendidikan Mampu menghafal 100 hadis – hadis pendidikan dan hadis arbaiyn (optional) |
III. Struktur Kurikulum di Jurusan Tarbiyah
Mata Kuliah Penciri Nasional dan Penciri Institusi
Mata Kuliah Penciri Nasional dan Penciri Institusi berdasarkan pada Surat Keputusan Ketua STAI Brebes, Nomor: …………………, Tanggal: …………………, sebagai berikut:
No | KODE MATA KULIAH | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1 | NAS001 | Pancasila | 2 |
2 | NAS002 | Bahasa lndonesia | 2 |
3 | NAS003 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 |
4 | STA001 | Ulumul Qur’an | 2 |
5 | STA002 | Ulumul Hadits | 2 |
6 | STA003 | Metodologi Studi lslam | 2 |
7 | STA004 | Bahasa Arab 1 | 2 |
8 | STA005 | Bahasa Arab 2 | 2 |
9 | STA006 | Bahasa Inggris 1 | 2 |
10 | STA007 | Bahasa Inggris 2 | 2 |
11 | STA008 | Brebes Studies | 2 |
12 | STA009 | Sejarah Peradaban Islam | 2 |
13 | STA010 | Al-Qur’an | 2 |
14 | STA011 | Ilmu Kalam | 2 |
15 | STA012 | Ilmu Tasawuf | 2 |
16 | STA013 | Teknologi Informasi dan Komunikasi | 2 |
17 | STA014 | Kajian Islam Nusantara | 2 |
18 | STA015 | Qiroatul Kutub | 2 |
19 | STA016 | Bahtsul Kutub | 2 |
20 | STA017 | Enterprenership | 0 |
21 | STA018 | KKN | 2 |
Mata Kuliah Penciri Fakultas
Mata Kuliah Penciri Fakultas di Jurusan Tarbiyah berdasarkan pada Surat Keputusan Dekan FITK …………………………., Tanggal: 07 Agustus 2020, sebagai berikut:
No | KODE MATA KULIAH | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1 | TAR2001 | Pengantar Psikologi | 2 |
2 | TAR2002 | Dasar-Dasar Pendidikan | 2 |
3 | TAR2003 | Psikologi Perkembangan | 2 |
4 | TAR2004 | Sosiologi Pendidikan | 2 |
5 | TAR2005 | Ushul Al Fiqh | 2 |
6 | TAR2006 | Filsafat Ilmu | 3 |
7 | TAR2007 | Tafsir Al-Qur’an | 2 |
8 | TAR2008 | Pengantar IBD dan Teknologi | |
9 | TAR3009 | Tafsir Tarbawi | |
10 | TAR3010 | Hadits Tarbawi | |
11 | TAR3011 | Administrasi Pendidikan | |
12 | TAR3012 | Ilmu Pendidikan Islam | |
13 | TAR3013 | Media Pembelajaran | |
14 | TAR3014 | Fiqh Ibadah | |
15 | TAR3015 | Psikologi Belajar | |
16 | TAR3016 | Filsafat Islam | |
17 | TAR4017 | Model-Model Pembelajaran | |
18 | TAR4018 | Etika Profesi Keguruan | |
19 | TAR4019 | Perbandingan Madzhab | |
20 | TAR4020 | Evaluasi Pembelajaran | |
21 | TAR4021 | Fiqh Sosial | |
22 | TAR5022 | Isu-Isu Kontemporer Dalam Pend. Islam | |
23 | TAR6023 | Filsafat Pendidikan Islam | |
24 | TAR6024 | Psikologi Kepribadian | |
25 | TAR6025 | Psikologi Agama | |
26 | TAR6026 | Sejarah Pendidikan Islam | |
27 | TAR6027 | Telaah Kitab-Kitab Pendidikan | |
28 | TAR6028 | Metode Penelitian Kualitatif | |
29 | TAR6029 | Metode Penelitian Kuantitatif | |
30 | TAR7030 | Pemikiran Modern Dalam Islam | |
31 | TAR2009 | Jurnalistik Pendidikan |
Distribusi Mata Kuliah Jurusan/Program Studi Pendidikan Agama Islam
SEMESTER I | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | |
1 | STA004 | Bahasa Arab 1 | 2 | |
2 | NAS002 | Bahasa Indonesia | 2 | |
3 | NAS001 | Pancasila | 2 | |
4 | NAS003 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | |
5 | STA010 | Al-Qur’an | 0 | |
6 | STA001 | Ulumul Quran | 2 | |
7 | STA002 | Ulumul Hadits | 2 | |
8 | STA009 | Sejarah Peradaban Islam | 2 | |
9 | STA012 | Ilmu Tasawuf | 2 | |
10 | STA003 | Metodologi Studi Islam (MSI) | 2 | |
11 | STA011 | Ilmu Kalam | 2 | |
12 | STA013 | Teknologi Informasi dan Komunikasi | 0 | |
Jumlah SKS | 20 | Jumlah SKS |
SEMESTER II | |||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | STA005 | Bahasa Arab 2 | 2 |
2 | TAR2001 | Pengantar Psikologi | 2 |
3 | TAR2002 | Dasar-Dasar Pendidikan | 2 |
4 | TAR2003 | Psikologi Perkembangan | 2 |
5 | TAR2004 | Sosiologi Pendidikan | 2 |
6 | TAR2005 | Ushul Al-Fiqh | 2 |
7 | TAR2006 | Filsafat Ilmu | 2 |
8 | STA014 | Jurnalistik Pendidikan | 2 |
9 | TAR2007 | Tafsir Al-Qur’an | 2 |
10 | TAR2008 | Pengantar IBD dan Teknologi | 2 |
11 | STA015 | Kajian Islam Nusantara | 2 |
Jumlah SKS | 22 | ||
SEMESTER III | |||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | STA006 | Bahasa Inggris 1 | 2 |
2 | TAR3010 | Hadits Tarbawi | 2 |
3 | TAR3009 | Tafsir Tarbawi | 2 |
4 | TAR3011 | Administrasi Pendidikan | 2 |
5 | TAR3012 | Ilmu Pendidikan Islam | 2 |
6 | TAR3013 | Media Pembelajaran | 2 |
7 | TAR3014 | Fiqh Ibadah | 2 |
8 | STA008 | Brebes Studies | 2 |
9 | TAR3015 | Psikologi Belajar | 2 |
10 | TAR3016 | Filsafat Islam | 2 |
11 | STA016 | Qiroatul Kutub | 2 |
Jumlah SKS | 22 |
SEMESTER IV | |||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | STA006 | Materi PAI Luar Sekolah | 2 |
2 | TAR4017 | Management PAI Luar Sekolah | 2 |
3 | TAR4018 | Filsafat Dasar PAI Luar Sekolah | 2 |
4 | PAI4001 | Filsafat Pendidikan Islam | 2 |
5 | PAI4002 | Psikologi Kepribadian | 2 |
6 | PAI4003 | Sejarah Pendidikan Islam | 2 |
7 | PAI4004 | Telaah Kitab-Kitab Pendidikan | 2 |
8 | PAI4005 | Metode Penelitian Kualitatif | 2 |
9 | TAR4021 | Metode Penelitian Kuantitatif | 2 |
10 | STA017 | Psikologi Pendidikan | 2 |
11 | STA018 | Statistik Pendidikan | 2 |
12 | Psikologi Agama | 2 | |
Jumlah SKS | 20 |
SEMESTER V | |||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | PAI5006 | Bahasa Inggris II | 2 |
2 | PAI5007 | Model-Model Pembelajaran | 2 |
3 | PAI5008 | Etika Profesi Keguruan | 2 |
4 | PAI5009 | Metode Pembelajaran PAI | 2 |
5 | PAI5010 | Perencanaan Pembelajaran PAI | 2 |
6 | PAI5011 | Analisis Pengembangan Kurikulum PAI | 2 |
7 | PAI5012 | Penelitian Tindakan Kelas | 2 |
8 | PAI5013 | Teknologi Informasi PAI | 2 |
9 | PAI5014 | Fiqih Sosial | 2 |
10 | TAR7030 | Bahtsul Kutub | 0 |
11 | Isu-Isu Kontemporer Dalam Pendidikan Islam | 2 | |
12 | Pemikiran Modern Dalama Islam | 2 | |
Jumlah SKS | 22 |
SEMESTER VI | |||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | PAI6015 | Pengembangan Pemb. Fiqh di MTs & MA | 3 |
2 | PAI6016 | Pengembangan Pemb. Qur’an Hadits di MTs & MA | 3 |
3 | PAI6017 | Pengembangan Pemb. Akidah Akhlak di MTs & MA | 3 |
4 | TAR6023 | Pengembangan Pemb. SKI di MTs & MA | 3 |
5 | TAR6024 | Bimbingan & Konseling | 2 |
6 | PAI6018 | Total Quality Management | 2 |
7 | TAR6026 | Enterprenership | 2 |
8 | TAR6027 | Micro Teaching | 2 |
Jumlah SKS | 20 |
SEMESTER VII | |||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | PAI7030 | PPL | 2 |
2 | STA019 | KKN | 4 |
Jumlah SKS | 6 |
SEMESTER VIII
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | STA60048 | Skripsi | 6 |
Jumlah SKS | 6 |
Brebes, Maret 2021
Ketua Jurusan Tarbiyah,
Dr. Musripah, MA
NIDN. 2106107501